Sabtu, 01 September 2012

13 Nelayan Sumut Dipulangkan dari Malaysia

Sabtu, 01/09/2012 18:45 WIB

Khairul Ikhwan - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Nelayan asal Sumut (Khairul/detikcom)

Jakarta Sebanyak 13 nelayan asal Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut) yang ditangkap Malaysia, akhirnya dipulangkan ke Indonesia. Mereka tiba di Bandara Polonia, Medan, Sabtu (1/9/2012) siang.

Para nelayan tersebut adalah Ahmad Khoiri (33), Ibrahim bin Idris (26), Azwar (16), Syaiful Azhar (23), Irwansyah (17), Muhammad Yayu (16), dan Muslim (15). Kemudian Syamsul Bahri (30), Muhammad Syafii (26), Atan bin Suhud (30), Muhammad Komizar (21), Hendra (14), Ibrahim (16). Seluruhnya warga Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

Para nelayan ini tiba di Bandara Polonia sekitar pukul 12.15 WIB menumpang pesawat Lion Air JT-971 dati Batam, Kepulauan Riau. Sebelumnya, mereka dipulangkan dari Penang, Malaysia, melalui jalur laut ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, bergabung dengan rombongan TKI.

Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Barang Bukti dan Awak Kapal Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (KKP), Moch Nursalim mengatakan, para nelayan itu ditangkap Tentara Laut Diraja Malaysia pada 5 Agustus lalu atas tuduhan memasuki perairan Malaysia di kawasan Pulau Pangkor.

"Ada lima nelayan lagi yang masih menjalani proses hukum di Malaysia atas tuduhan yang sama. Jika tidak ada kendala, Oktober mendatang akan dipulangkan ke Tanah Air," sebut Nursalim di Bandara Polonia.

Nursalim mengakui kelemahan nelayan tradisional yang ditangkap ini, karena tidak memiliki alat navigasi memadai. Akibatnya tidak mengetahui telah memasuki perairan negara tetangga.

"Para nelayan tradisional tidak dilengkapi alat navigasi lengkap saat mencari ikan. Akibatnya, tidak mengetahui sudah masuk ke wilayah perairan negara tetangga," sebut Nursalim.

(rul/fdn)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • Mengintip Kehidupan Warga Muara Gembong.
  • Pasokan Solar Minim, Nelayan Tidak Melaut.
  • Paus Terdampar, Berkah Bagi Nelayan.
  • Greenpeace Tolak PLTU Batang.
  • Tolak PLTU, Petani & Nelayan Demo di Istana.

Sponsored Link

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex