Jumat, 31 Agustus 2012

Satelit Lapan A2 akan Diluncurkan di India

Jumat, 31/08/2012 15:03 WIB

Prins David Saut - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berhasil membuat satelit pemantau dan radio pertama yang dinamai Lapan A2. Peluncuran satelit ini ke orbit ruang angkasa rencananya akan dilakukan di India.

Kepala Pusat Teknologi Antariksa, Suhermanto, mengatakan alasan peluncuran satelit pemantau Lapan A2 di India karena kerja sama antara Lapan dengan badan antariksa India yang sudah lama berjalan. Dananya pun berasal dari ketentuan yang berlaku dalam nota kerja sama tersebut.

"Diluncurkan di India karena kita sudah kerja sama dari lama dengan mereka, jadi dananya memang dari kerja sama itu," jelas Suhermanto di kantornya, Jalan Cagak Satelit KM 04 Rancabungur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8/2012).

Dia juga mengatakan satelit Lapan A2 kemungkinan dikirim ke India pada Maret 2013. "Setelah itu pertengahan Juni baru diluncurkan ke orbit," tuturnya.

Sehermanto juga mengatakan terkait rencana pembangunan instalasi peluncuran roket ke luar angkasa. Menurutnya, Suhermanto menjelaskan sudah ada upaya pengkajian instalasi peluncuran roket di Indonesia. Pertimbangan lokasi yang harus dekat dengan lautan pun sudah ditentukan, namun ia tidak mengetahui kapan akan terealisasi.

"Saya belum tahu kapan Indonesia bisa punya instalasi peluncuran roket sendiri. Sejauh ini Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) masih mempersiapkan beberapa alternatif instalasi peluncuran roket. Saat ini pengkajiannya di Morotai, tapi intinya salah satu persyaratannya bebas dari pemukiman penduduk, di laut lepas. Jadi pilihannya di Biak atau Morotai. Kita masih belum tahu kapan," ujar Suhermanto.

Lapan dan Pusat Teknologi Antariksa berhasil membuat micro satelit pemantau yang memiliki sensor otomatis yang disebut AIS. Misi satelit dengan orbit sepanjang garis khatulistiwa ini sendiri adalah memantau pelayaran di Indonesia dan sebagai sarana komunikasi radio alternatif saat terjadi bencana.

(vid/rmd)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • Menkes Resmikan Fasilitas Kanker RS Dharmais.
  • Jepang Luncurkan Satelit Mata-mata.
  • Satelit UARS Akan Hantam Bumi.
  • Lapan Luncurkan Prangko.
  • Jepang Sebelum dan Sesudah Tsunami.

Sponsored Link

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex