Jumat, 31 Agustus 2012

PD Sepakat Soekarno-Hatta Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Jumat, 31/08/2012 14:57 WIB

Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

patung proklamator

Jakarta Partai Demokrat mendukung usulan PP Muhammadiyah ke MPR terkait penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada dua proklamator Soekarno-Hatta. Sudah saatnya bangsa Indonesia menghormati jasa para pahlawannya.

"Kenapa tidak? Bukankah nama Soekarno-Hatta sudah menjadi nama bandara Internasional kita? Artinya sebagai pengakuan bangsa terhadap jasa-jasa kedua proklamator kita," kata Ketua FPD DPR Nurhayati Alie Assegaf, saat dihubungi, Jumat (31/8/2012).

Menurut Nurhayati, nama bandara internasional Soekarno-Hatta juga sudah mempertegas pengakuan kepahlawanan Soekarno-Hatta. Kedua tokoh ini juga dikenal di seluruh dunia.

"Pasti kita dukung. Soekarno-Hatta memang layak jadi pahlawan nasional karena perjuangannya untuk bangsa dan negara,"sambung sekretaris FPD DPR Saan Mustopa.

PP Muhammadiyah mengusukan Presiden dan Wakil Presiden RI pertama Soekarno dan Hatta menjadi Pahlawan Nasional. Presiden SBY dimintan menggunakan hak prerogatifnya untuk hal ini.

"Jadi tiga nama yang diusulkan PP Muhammadiyah untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional adalah: Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, dan Abdoel Kahar Moezakir. Kita juga akan mengusulkan Bung Karno dan Bung Hatta," kata Ketua PP Muhammadiyah Abdul Fattah Wibisono, dalam audiensi dengan pimpinan MPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (31/8/2012).

Menurut PP Muhammadiyah, sekarang ini kesempatan bagi Presiden SBY untuk memberikan penghargaan ini. Sebagai bagian dari sejarah SBY sebelum masa kerjanya berakhir.

"Bung Karno dan Bung Hatta adalah bapak kemerdekaan kita. Disinilah kesempatan emas Pak SBY untuk menggunakan hak prerogatifnya menyelesaikan masalah ini. Karena proklamator menurut UU tidak termasuk pahlawan nasional, memang ada yang berpendapat. Daripada kontroversi itu lebih baik Presiden SBY tegaskan," kata H. AM Fatwa.

(van/mad)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • Api Lalap Pemukiman Padat di Pondok Bambu.
  • Wisata Murah di TMP Kalibata.
  • Mantan Ketua MPR/DPR Kharis Suhud Meninggal.
  • Permintaan Rekal Alquran Meningkat.
  • Parade Seni & Budaya Peringati HUT Jateng.

Sponsored Link

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex