Selasa, 28 Agustus 2012

Sempat Tertimbun Longsor, Jalinsum Sibolga-Medan Kembali Normal

Selasa, 28/08/2012 14:24 WIB

Khairul Ikhwan - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Medan Setelah dilakukan pembersihan dengan alat berat, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang tertimbun longsor di Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut) kembali bisa dilalui. Jalur yang menghubungkan Sibolga dan Medan itu berangsur normal.

“Sekarang sudah lancar kembali,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Tapteng AKP Edy Sudrajat kepada wartawan, Selasa (28/8/2012).

Upaya pembersihan kawasan yang tertimbun longsor itu dilakukan dengan melibatkan personel polisi, tentara dan warga sekitar. Secara bersama-sama mereka menyingkirkan material longsor yang menimbun jalan. Pohon-pohon yang melintang di jalan dipotong, dan batu ditepikan.

Bersamaan dengan bersihnya jalan dari timbunan longsor, sejumlah kendaraan yang terjebak macet sejak dinihari, sudah bisa melintas kembali. Sebagian pengendara sempat terjebak hingga delapan jam sejak longsor terjadi dinihari tadi.

Longsoran dari tebing di tepi jalan itu menimbun ruas Jalinsum yang berada tiga titik di Kecamatan Sitahuis, Tapteng. Masing-masing di kilometer 7, kilometer 16 dan kilometer 18. Pemicu longsor itu karena hujan yang mengguyur kawasan Sibolga dan Tapanuli Tengah sejak Senin siang kemarin dan baru berhenti sekitar jam tujuh pagi tadi.

Pada 18 Agustus lalu, longsor juga terjadi di lokasi tersebut. Aktivitas pelebaran jalan yang tengah dilakukan mulai dari perbatasan Tapanuli Utara, turut andil menyebabkan longsor itu. Dinding bawah tebing dipapas untuk pelebaran, lantas hujan deras yang terus turun membuat struktur tanah bagian atas runtuh.

(rul/trq)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • 2012, Bencana Diramalkan Masih Setia Menemani.
  • Ditemani Brotoseno, Anggie Tinjau Pengungsi Wonosobo.
  • Longsor Rusak 29 Rumah Warga.
  • Banjir Terjang Wonosobo, 4 Orang Tewas.
  • Puluhan Rumah Rusak Diterjang Lahar Dingin.

Sponsored Link

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex