Minggu, 15 Juli 2012

Kemenangan Jokowi-Ahok Bukti Rakyat Tak Terpengaruh Hasil Survei

Minggu, 15/07/2012 14:39 WIB

Septiana Ledysia - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Kemenangan Jokowi-Ahok di perhitungan cepat pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta sempat mengagetkan banyak pihak. Salah satu lembaga survei, Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) memaparkan empat makna kemenangan ini.

"Yang pertama, angin perubahan sedang berhembus di DKI. Makna selanjutnya, suara rakyat tidak terpengaruh hasil survei, gencarnya iklan kampanye tak berbanding lurus dengan suara yang diperoleh, dan yang terakhir adalah bagi masyarakat dengan perilaku politik yang rasional, alasan pemilihan lebih berlandaskan pada kriteria, seperti rekam jejak," jelas Direktur Soegeng Sarjadi Syndicate Toto Sugiarto.

Hal ini disampaikan Toto dalam Diskusi Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) yang bertajuk 'Pilkada DKI Jakarta: Menguatkan Rasionalitas Pemilih' di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (15/7/2012).

Toto menambahkan yang terjadi di pilgub Jakarta adalah fenomena menarik. Pemilih yang sepenuhnya rasional membuktikan dirinya berdaulat.

"Masyarakat yang rasional tidak akan terbuai janji manis atau bahkan money politics," paparnya.

Sementara itu untuk pilgub putaran kedua nanti, Toto meyakini pasangan yang tidak melakukan black campaign yang akan menang.

"Untuk perang di putaran kedua, menurut saya pertama, siapapun yang melakukan kampanye negatif akan jadi kontradiktif untuk dirinya karena pemilih DKI cerdas. Yang kedua, pemilih DKI adalah pemilih yang tidak bisa dibohongi," pungkasnya.

(nal/asp)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • KIPP Laporkan Pelanggaran Pilkada DKI ke Panwaslu.
  • Demokrat Belum Tentukan Teman Koalisi Foke.
  • Dag-dig-dug Menunggu Hasil Suara Pilgub DKI.
  • Bambang-Mayangsari Juga Ikut Nyoblos.
  • Pilgub DKI, Angie Pilih Golput.

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex