Kamis, 19 Juli 2012

Anggota DPR Okky Asokawati Temukan Jamkesda di Sidoarjo Distop

jurnal parlemen

Kamis, 19/07/2012 14:49 WIB

jurnalparlemen.com - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta

Pada masa reses kali ini, Komisi IX DPR RI membagi tugas kunjungan kerja anggotanya dalam dua kelompok besar. Satu kelompok anggota dewan berangkat ke Jawa Timur, satu kelompok lagi ke Jambi. Okky Asokawati, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PPP, kebagian tugas untuk kunker ke Jawa Timur.

"Kami rapat dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf beserta jajarannya. Kami juga mengadakan pertemuan dengan Bupati Sidoarjo dan Bupati Mojokerto," terang Okky Asokawati kepada Jurnalparlemen.com, Kamis (19/7).

Hasil kunjungan ke Jawa Timur, kata dia, adalah temuan soal pembiayaan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Di Kabupaten Sidoarjo, program jaminan kesehatan bagi masyarakat tak mampu ini sudah berhenti di tengah jalan. Mandeknya program ini lantaran terlalu banyak penduduk yang mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sehingga anggarannya habis sebelum masanya.

Menurut Okky, masalah ini terjadi karena buruknya sistem pendataan penduduk miskin dan kurangnya penegakan hukum terhadap aparat yang tidak fair dalam mengeluarkan SKTM. Ditengarai terdapat banyak oknum aparat setempat yang memberikan SKTM tidak sesuai kriteria.

Hasil temuan ini bagi Okky tidak mengagetkan. Sebab, di tingkat pusat pun kondisinya hampir sama. Amburadulnya data orang miskin menyebabkan pelaksanaan jaminan kesehatan bagi masyarakat tak mampu meleset dari sasaran.

"Indikasi ini semakin jelas ketika Komisi IX melakukan RDP dengan BPS, Kemenkes dan TNP2K serta BKKBN. Kurang adanya koordinasi lintas sektoral untuk pendataan ini. Tidak heran bila di tataran kabupaten atau kota, pendataannya juga amburadul," ujarnya.
(nwk/nwk)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex