Minggu, 02 September 2012

Penuhi Undangan World Bank, BAKN DPR Terbang ke Belgia

Minggu, 02/09/2012 18:36 WIB

Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

foto: detikcom

Jakarta Badan Akuntabilitas dan Keuangan Negara (BAKN) DPR memenuhi undangan World Bank dan Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) ke Belgia. BAKN diundang untuk menyusun model pengawasan dan akuntabilitas di pemerintahan sistem presidensial.

Terbang mewakili BAKN, anggota BAKN dari Fraksi PDI Perjuangan DPR, Eva Kusuma Sundari. Eva mewakili BAKN DPR untuk bergabung dalam study group guna menyusun model pengawasan dan akuntabilitas pemerintahan sistem presidensial dan semi-presidensial.

Penyelenggaraan study group yang melibatkan 12 legislator dari parlemen-parlemen dari negara berpemerintahan presidensial lintas benua ini diorganisir oleh Office for Promotion of Parliamentary Democracy (OPPD)

"European Parliament akan berlangsung tangnal 3-6 September 2012 di gedung European Parliament Brussels," kata Eva dalam siaran pers, Minggu (2/9/2012).

Bentuk kegiatan akan berupa diskusi-diskusi terfokus mengikuti topik-topik khusus yaitu akuntabilitas dan tipe-tipe parlemen; scope pengawasan parlemen; pengawasan internal dan external; tantangan dan hambatan pengawasan parlemen; dan strategi pengawasan parlemen. Para peserta akan berbagi isu-isu praktis dan empiris dalam melaksanakan pengawasan pemerintah di sistem presidensial. Ekonom Robert Nakamura dari WB akan bertindak sebagai moderator/fasilitator dari keseluruhan proses.

"Tujuan diadakannya study group adalah menghasilkan materi training untuk membantu para legislator dalam memerangi korupsi. Selain akan membuat laporan proses diskusi, akan dibuat juga beberapa handbook tentang pengawasan untuk umum, untuk anggota parlemen dan konggres, dan handbook tentang instrumen-instrumen internasional untuk memerangi korupsi," kata Eva.

(van/gah)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • .
  • Datangi KPK, Politisi PDIP Bantah Diperiksa.
  • Soal Komnas HAM Diharap Jadi Pelajaran.
  • Diskusi Soal Keprihatinan Nasib Komnas HAM.
  • Soal Kebakaran, Dewi Aryani ke Panwaslu.

Sponsored Link

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex