Kamis, 30 Agustus 2012

Keppres Komnas HAM Diperpanjang, DPR Harus Segera Pilih Komisioner Baru

Kamis, 30/08/2012 14:01 WIB

Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Kalangan pimpinan DPR mengapresiasi keputusan Presiden SBY menerbitkan Kepres perpanjangan masa kerja Komnas HAM. Perpanjangan itu harus ditindaklanjuti Komisi III DPR dengan segera menuntaskan fit and proper test komisioner baru Komnas HAM.

"Harus segera diselesaikan supaya komisi III segera menuntaskan fit and proper test calon anggota Komnas HAM sesegera mungkin," desak Wakil Ketua DPR Pramono Anung yang ditemui di .Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/8/2012).

Menurutnya, tindakan cepat Presiden SBY untuk memperpanjang sementara masa berlakunya masa bakti komisioner Komnas HAM telah mencegah terjadinya kekosongan kepemimpinan di lembaga itu. Tindakan itu adalah langkah yang sangat baik, meski terbit pada H-1 gara-gara DPR baru mengajukan surat permintaannya semalam.

"Sudahlah, nggak perlu saling menyalahkan. DPR tidak salah dan pemerintah tidak salah, karena prosesnya sesuai dengan prosedur," tegasnya.

Presiden SBY resmi memperpanjang masa tugas komisioner Komnas HAM. Keppres perpanjangan itu sudah ditandatangani pada Rabu (29/8) malam.

"Atas permintaan DPR agar diperpanjang, makanya kita perpanjang. Karena itu Presiden memperpanjang," terang Mensesneg Sudi Silalahi di sela-sela puncak Hari Teknologi Nasional di Jl Asia Afrika, Bandung, Kamis (30/8/2012).

Sudi menegaskan, proses perpanjangan itu ditandatangani setelah ada surat permintaan dari DPR. Pihak Istana kemudian menyusun drafnya dan diajukan kepada Presiden.

Batas waktu masa jabatan perpanjangan komisioner Komnas HAM itu, sesuai Keppres tersebut berlaku hingga terpilihnya pejabat baru.

(van/lh)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • Hari Terakhir di Komnas HAM, Ifdhal Kasim Berkemas.
  • Komnas HAM Desak Kasus Sampang Diusut Tuntas.
  • Mahasiswa YAI yang Ditahan Lapor Komnas HAM.
  • GP Ansor Deklarasi Anti-PKI.
  • Peluru Tajam di Sengketa Agraria Ditemukan.

Sponsored Link

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex