Minggu, 15 Juli 2012

Perludem: Pemilih di Pilgub DKI Jakarta Sudah Rasional dan Cerdas

Minggu, 15/07/2012 14:07 WIB

Septiana Ledysia - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Dalam perhitungan cepat, pasangan Jokowi-Ahok berhasil mengalahkan pasangan incumbent Foke-Nara. Kalahnya pasangan incumbent ini dipandang sebagai bukti pemilih di pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta sudah cerdas dan rasional.

"Indikator pemilih rasional adalah mengetahui bahwa Jakarta akan mengadakan pilgub dan juga tahu waktunya. Kemudian mengawasi semua tahapan pemilu, memilih, menagih janji saat kampanye dan menghukum kandidat yang tidak bisa memenuhi janjinya untuk nantinya tidak jadi lagi," jelas koordinator nasional, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat, Yusfitriadi.

Hal ini diungkapkan Yusfitriadi dalam saat diskusi Perludem yang bertajuk 'Pilkada DKI Jakarta: Menguatkan Rasionalitas Pemilih' di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (15/7/2012).

Yusfitriadi mengatakan indikator pemilih cerdas yaitu warga Jakarta telah membantah jejak pendapat. Selain itu, pilihan bukan berbasis partai tapi kandidat, adanya spirit perubahan, dan menjaga keamanan dan ketentraman.

"Serta menghukum incumbent yang tak mampu menjalankan perubahan. Oleh karena itu kandidat baru bisa mengalahkan incumbent kemarin," paparnya.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa ada lima indikator penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. Diantaranyanya penyelenggaraan adil (independen), tingginya partisipasi, penjaringan calon yan g demokratis internal partai, terpilihnya pemimpin yang membawa perubahan, dan yang terakhir adalah netralitas pemerintah dan jajaran birokrasi.

(nal/nal)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent

Foto Video Terkait

  • KIPP Laporkan Pelanggaran Pilkada DKI ke Panwaslu.
  • Demokrat Belum Tentukan Teman Koalisi Foke.
  • Dag-dig-dug Menunggu Hasil Suara Pilgub DKI.
  • Bambang-Mayangsari Juga Ikut Nyoblos.
  • Pilgub DKI, Angie Pilih Golput.

Komentar (0 Komentar)

 

Free Phone Sex